Tips Persiapan Perlengkapan Dan Cara Packing Perlengkapan Umroh


Umroh itu adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang prima, karena selain perjalanannya yang cukup jauh, yakni di Arab, namun juga harus menjalani berbagai acara ritual yang bisa menguras fisik. Selain menyiapkan fisik yang prima, anda juga harus menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan selama berada di Arab untuk melakukan ibadah Umroh. Nah, untuk itu dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang persiapan perlengkapan dan cara packing perlengkapan sebelum Anda memilih paket umroh 2019:

1. Persiapan Perlengkapan

Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perlengkapan ibadah umroh adalah merupakan sesuatu yang sangat penting supaya anda tidak direpotkan dengan barang-barang bawaan anda ketika akan berangkat umroh maupun selama dalam perjalanan. Oleh sebab itu, pastikan perlengkapan yang akan anda bawa nanti itu dimasukkan sendiri ke dalam tas atau koper. Dalam hal ini sebaiknya anda membawa koper bagasi dengan kapasitas maksimum 20 kg. Dalam koper bagasi ini anda bisa membawa pakaian sehari-hari, perlengkapan ihram serta peralatan yang lain seperti alat kosmetik (untuk kaum wanita) namun jangan lupa untuk tidak digunakan secara berlebihan karena hal tersebut selain bisa mengurangi nilai ibadah, namun juga kalau masuk ke dalam masjid bisa diusir secara paksa oleh askar.

Selain alat kosmetik, bawalah oleh anda pisau cukur, gunting, parfum, sandal, dan lain sebagainya.  Untuk baju, bawalah baju seperlunya saja jangan terlalu banyak, karena ketika melakukan ibadah umroh anda tidak perlu membawa baju yang banyak, cukup bawa baju tidur, baju ketika city tour, baju untuk pergi ke masjid, serta baju dari travel. Dan jika pelaksanaan ibadah umroh pas waktu musim dingin, anda bisa membawa sweater yang tebal.

Perlu anda ketahui bahwa benda-benda tajam seperti gunting untuk tahalul, gunting kuku, pisau cukur, serta benda-benda tajam lainnya ataupun cairan dalam kemasan yang melebihi 100 ml, tidak diperbolehkan dibawa kedalam tas kabin, oleh sebab itu masukkan saja ke tas bagasi. Pada saat mau berangkat ibadah umroh, sebaiknya anda tidak membawa tas terlalu berat, karena oleh-oleh belanjaan anda biasanya akan bertambah banyak dari bawaan sebelumnya.

Apakah pada saat ibadah umroh itu perlu untuk membawa tas kabin?. Tentu saja perlu. Karena dengan tas kabin anda bisa membawa 1 helai pakaian dan makanan ringan, untuk jaga-jaga takutnya kalau pesawat delay, anda membawa pakaian ganti serta bisa makan. Sebagaimana diketahui bahwa tas kabin ini adalah tas yang bisa dimasukkan ke dalam pesawat, baik itu ransel maupun tas yang ditenteng yang ukurannya tidak terlalu besar. Selain tas kabin, anda juga bisa membawa tas passport. Tas passport ini berguna untuk menyimpan passport serta peralatan penting lainnya yang anda miliki. Dan hal penting lainnya lagi yang harus anda perhatikan adalah yang saku. Dalam hal ini anda sebaiknya tidak membawa uang saku yang berlebihan, namun bawalah secukupnya sekedar untuk keperluan anda disana.

2. Cara Packing Perlengkapan Umroh

– Pastikan oleh anda untuk selalu mencantumkan nama serta alamat diluar semua tas sehingga tidak tertukar dengan orang lain.

– Semua benda logam serta tajam dimasukkan dalam tas troli.

– Berbagai bahan cairan yang isinya melebihi 100 ml harus dimasukkan dalam troli guna dibagasikan.

– Perlu anda ketahui, bahwa beban koper atau troli maksimal 20 kg per orang sehingga jika anda membawa lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan. Biasanya hal ini terjadi saat pulang umroh karena membawa oleh-oleh yang cukup banyak.

Selain mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama melakukan ibadah Umroh, anda juga harus menyiapkan cara perjalanan menuju kesana. Untuk itu anda bisa mendaftar ke biro perjalanan Umroh. Karena anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, karena biasanya biro perjalanan tersebut selalu mengadakan paket wisata religi Umroh dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *