Desain Rumah Mungil, Solusi Tanah Sempit

Setiap orang tentu berkeinginan untuk memiliki rumah yang luas dan nyaman dihuni. Sayangnya, untuk membuat rumah idaman yang besar dan luas, tidak hanya memerlukan dana yang besar tetapi juga lahan yang luas. Jika Anda tidak memiliki lahan luas untuk bangunan rumah Anda, maka tentunya Anda tidak bisa membangun rumah yang besar dan luas, meskipun Anda memiliki persiapan danan untuk itu. Apalagi jika Anda tinggal di kota besar yang umumnya sulit untuk menemukan lahan yang luas karena semua lahan kosong telah menjadi gedung bertingkat.

Di kota besar, yang memungkinkan untuk Anda dapatkan adalah lahan di perumahan. Umumnya lahan di perumahan tersebut  tidak memiliki ukuran yang besar. Tetapi tidak perlu risau, karena Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk membuat rumah yang indah meskipun mungil dengan desain rumah minimalis yang tepat.

Desain Rumah Mungil Terbaik

Dalam membuat desain rumah yang mungil dan minimalis, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar rumah nantinya tidak terlihat sempit dan kurang nyaman. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

Ruang tamu adalah ruang di dalam rumah yang digunakan untuk menerima tamu. Untuk itu penampilan yang pertama kali akan memberikan kesan adalah apa yang terlihat dari ruang tatmu tersebut. Agar rumah terkesan luas, sebaiknya ruang tamu tidak menggunakan ruangan yang besar. Untuk menghilangkan kesan sempit, ruang tamu dibuat bersambung dengan ruang makan. Dalam hal ini ruang tamu dikesankan terpisah dari ruang makan dengan cara membuat ruangan makan agak tinggi dari ruang tamu dan ada tangga yang menghubungan keduanya dari ruang tamu.

Penggunaan jendela yang tepat di ruang tamu juga memberikan pengaruh dalam menambah kesan luas pada ruang tamu. Sebaiknya jendela dibuat agak besar sehingga halaman atau taman depan rumah terlihat dari ruang tamu. Disamping menambah kesan luas, penerangan ke dalam ruang tamu juga lebih baik dan akan menambah kenyamanan.

Ruang dapur sebaiknya dibuat bersambung dengan ruang makan, namun diletakkan di bagian pojok sehingga tidak terlihat langsung dari arah ruang tamu. Hal ini agar ruang tamu dan dapur memberikan kesan luas dan nyaman. Sehingga ketika berada di dapur tidak terkesan sempit.

Untuk kamar tidur sebaiknya dibatasi dua saja agar tidak memakan banyak ruang dan dibuat saling berhadapan, dengan pintu kamar yang langsung berhubungan dengan ruang makan. Hal ini sangat efektif untuk menambah kesan luas dari kamar tidur tersebut. Adapun tempat parkir, taman depan dan taman belakang tinggal disesuaian saja sesuai dengan sisa luas ruangan yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *