5 Manfaat Minum Kopi Sebelum Beraktivitas

Ternyata meminum  kopi di pagi hari tidak sekedar merupakan kenikmatan tersendiri bagi pecinta kopi, tetapi juga memberikan tambahan energi sebelum beraktivitas. Ternyata apa yang dirasakan tersebut bukan sekedar  “perasaan” saja. Setidaknya hasil penelitian menunjukkan hal tersebut.  

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan sebutkan 5 manfaat utama meminum kopi sebelum beraktivitas  

1.Membakar lebih banyak kalori

Dalam sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan oleh International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, disebutkan kalau orang yang mengkonsumsi kafein sebelum melakukan latihan memiliki tingkat kalori yang terbakar 15% lebih banyak jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi.

2.Meningkatkan stamina

Meminum 1-2 cangkir kopi sebelum memulai aktivitas di pagi hari khususnya kegiatan yang berat seperti olahraga mampu mengurangi resiko nyeri otot dan meningkatkan stamina. Hal ini terungkap berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh sekelompok para ilmuwan dari Universitas Illinois, Amerika Serikat.

3.Melancarkan aliran darah

Meminum 1-2 cangkir kopi sebelum beraktivitas juga terbukti efektif dalam memperlancar aliran darah. Disebutkan dalam situs health.com bahwa sebuah penelitian yang dilakukan negeri sakura Jepang seputar efek kopi menunjukkan kalau orang yang minum 1-2 cangkir kopi cenderung mengalami peningkatan pada aliran darah sebanyak 30% selama 75 menit. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena semakin lancar aliran darah akan menyebabkan semakin banyak pula pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

4.Menjaga kekuatan otot

Meminum 1-2 cangkir kopi sebelum beraktivitas sangat efektif dalam menjaga kekuatan otot. Sebuah studi yang dilakukan oleh pihak Coventry University membuktikan kalau mengkonsumsi kafein sangat manjur dan efektif dalam mencegah berkurangnya kekuatan otot akibat penuaan.

5.Meningkatkan daya ingat

Manfaat lain dari meminum 1-2 cangkir kopi sebelum beraktivitas adalah menyebabkan terjadinya peningkatan daya ingat bahkan 24 jam setelah dikonsumsi. Hal ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University. Oleh karena itu, bagi Anda yang aktivitas rutinnya membutuhkan daya ingat yang kuat, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *