3 Dampak Buruk Jika Kurang Bergaul

Kita di ciptakan Allah sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Mungkin bisa dibayangkan, jika kamu hidup sendirian di bumi ini “yang pastinya kesepian kan”. Oleh karena itu, bergaul merupakan salah satu cara berkomunikasi dan menjalin kerukunan sesama manusia. Namun pada faktanya, tak sedikit manusia di dunia ini yang cenderung memiliki sifat penyendiri, pendiam, dan tidak mudah bergaul “alias kuper ”. Padahal sifat kurang bergaul tersebut, akan berdampak buruk baginya. “untuk lebih jelasnya lagi”, berikut ini akan saya sampaikan 3 dampak buruk jika kurang bergaul.

  1. Tidak Punya Banyak Teman

Salah satu dampak buruk dari kurang bergaul, yakni tidak punya banyak teman. Sudah dipastikan bahwa seorang yang kurang bergaul itu, tidak akan mempunyai banyak teman. Padahal mempunyai banyak teman, dapat membantu kehidupan kita seperti selalu mensuport, banyak relasi, meringankan beban, dan sebagianya.

  1. Mudah Minder

Dampak buruk selanjutnya adalah mudah minder. Mungkin yang ada dipikiran orang kurang bergaul tersebut, merasa malu dan tidak percaya diri dihadapan orang lain. Sehingga ia pun akan mudah minder dan selalu menghindar dari orang-orang sekitarnya.

  1. Rentan Depresi

Yang satu ini merupakan dampak buruk paling mengerikan dari kurang bergaul. Disaat sedang mengalami masalah dan kegalauan, ia cenderung lebih baik menyendiri. Mereka ini merasa malu jika harus mencurahkan isi hatinya kepada orang lain, dan lebih memilih untuk memendamnya sendiri serta mengurung diri, yang kemudian diakhiri dengan depresi.

Demikianalah yang dapat saya sampaikan. Apakah diantara brader & sister termasuk orang yang kurang bergaul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *